Dirut: Layanan BPJS Kesehatan Tetap Buka saat Libur Lebaran 2022

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Layanan Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN - KIS) BPJS Kesehatan dipastikan tetap buka selama selama libur lebaran 2022, yakni tanggal 29 April, lalu 4 - 6 Mei 2022.

Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti memastikan, kantor cabang BPJS Kesehatan akan buka dari jam 8 pagi hingga 3 sore, dimana layanan nomor antrian hanya berlaku hingga jam 12 siang.

"Tetap kita harapkan masyarakat bisa menggunakan layanan mobile JKN. Yang belum ada bisa dowonload dari playstore, isi NIK atau nomor BPJS.  Berbagai transaksi bisa, online konsultasi, mau pindah faskes, pindah kelas bisa, bahkan cetak kartu bisa," kata dia disela-sela kunjungan Posko Mudik di Terminal Pulogebang, Jakarta Timur, Selasa (26/4/2022).

Ghufron menerangkan, pihaknya terus menggencarkan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat termasuk pemudik untuk memanfaatkan berbagai kanal digital yang disediakan BPJS Kesehatan untuk memudahkan urusan administratif.

Misalnya, aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center 165, Chat Assistant JKN (CHIKA), dan Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA) Terintegrasi di nomor 08118165165.

“PANDAWA Terintegrasi ini sudah diimplementasikan sejak Februari 2022 dan siap melayani peserta JKN-KIS secara borderless (tanpa batas), sehingga proses layanan peserta JKN-KIS bisa dilakukan di seluruh Indonesia, tidak bergantung pada domisili peserta saat ini,” terang Ghufron.

Berita Tekait

Policy Paper