G20: Health Working Group Kedua Fokus Pada Pendanaan Global Untuk Hadapi Pandemi

Jakarta - Sebagai pemimpin Kelompok Kerja Bidang Kesehatan G20, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menggelar pertemuan kedua Health Working Group (HWG-2) pada 6-7 Juni 2022 di Lombok, Nusa Tenggara Barat. 

“Pertemuan kedua HWG akan menekankan aspek koordinasi, abilitas dan respon cepat terhadap perubahan situasi penyakit serta pembiayaan rencana mitigasi untuk menghadapi situasi pandemi global,” kata Juru Bicara G20 Bidang Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi.

Dalam pertemuan itu, para delegasi memfokuskan pembahasan mereka pada tiga agenda, yaitu mobilisasi sumber daya keuangan untuk melakukan pencegahan, kesiapsiagaan dan respons pandemi (PPR) di masa depan; memobilisasi sumber daya kesehatan penting baik alat kesehatan esensial maupun diagnostik untuk pencegahan, kesiapsiagaan dan respon pandemi (PPR); serta optimalisasi pengawasan genomik dan penguatan mekanisme berbagai data yang terpercaya untuk memberikan insentif bagi penguatan kesehatan masyarakat global. 

Hal penting lain yang akan dibahas adalah tentang mekanisme pembiayaan untuk PPR ke depan. Menurut dr. Nadia, saat ini sudah ada beberapa inisiatif pembiayaan yang telah diinisiasi World Bank dan World Health Organisation (WHO), yaknijoint financedanhealth taskforce, sertaFinancial Intermediary Fund(FIF).

Pertemuan kedua ini diharapkan bisa menghasilkan satu tindakan kolektif global yang diperlukan untuk meningkatkan investasi dan dukungan berbagai pihak untuk memperkuat kapasitas negara-negara berkembang dalam mencegah, kesiapsiagaan, dan respons pandemi berikutnya.

Berita Tekait

Policy Paper