BPJS Kesehatan tanggung penuh pengobatan peserta JKN warga Gorontalo

Gorontalo (ANTARA) - BPJS Kesehatan menanggung penuh seluruh biaya operasi usus buntu warga Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Zahra Aliu (21) yang merupakan peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Gorontalo, Muhammad Yusrizal di Gorontalo, Senin, mengatakan Program JKN terus memberikan manfaat kepada seluruh peserta nya.

"Saat ini kita menanggung penuh biaya operasi usus buntu yang diderita oleh Zahra Aliu," ucap Yusrizal

Sementara itu, Zahra yang juga merupakan peserta JKN segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) menceritakan, pada beberapa hari yang lalu dirinya merasakan nyeri di bagian sekitar perut.

Setelah berkunjung ke Puskesmas, Zahra mendapatkan penjelasan dari dokter yang menangani, bahwa kondisi Zahra saat ini harus mendapatkan tindakan operasi karena usus buntu.

Penjelasan tersebut sempat membuat Zahra mengurungkan niatnya untuk menjalani tindakan operasi, dirinya tidak yakin dapat membayar biaya operasi usus buntunya yang sangat mahal.

"Sakit di bagian pencernaan, awalnya Dokter di Puskesmas bilang kena usus buntu dan harus di operasi, tapi saya mikir-mikir lagi biaya operasinya bagaimana," kata Zahra.

Zahra yang setiap hari membantu orang tuanya untuk berjualan di pasar itu, pada akhirnya mendapatkan penjelasan dari petugas yang berada di Puskesmas.

Bahwa nantinya seluruh biaya operasi akan tetap ditanggung oleh Program JKN karena dirinya yang sudah terdaftar sebagai peserta. "Dapat penjelasan dari orang di Puskesmas, katanya tidak usah khawatir karena seluruh biaya operasinya tetap akan ditanggung oleh Program JKN," ujar Zahra.

Zahra beserta keluarga langsung menuju rumah sakit untuk segera mendapat tindakan lanjutan disana. Ternyata penjelasan yang didapatkan terkait seluruh biaya operasi dan perawatan akan ditanggung oleh Program JKN benar terjadi, dirinya beserta keluarga tidak dimintakan biaya sedikit pun oleh pihak rumah sakit.

"Akhirnya kami pergi ke rumah sakit ini, ternyata benar mulai dari operasi usus buntu saya sampai perawatan saat ini semuanya ditanggung oleh Program JKN alias gratis," lanjutnya.

Ia menyampaikan terima kasih nya atas kehadiran Program JKN, yang turut membantu seluruh biaya operasi usus buntu nya menjadi tanpa biaya.

Zahra berharap program yang sangat bermanfaat ini bisa terus berlanjut, dan terus memberikan dampak yang baik bagi seluruh masyarakat.           

Berita Tekait

Policy Paper